WISATA ROHANI KRISTEN INDONESIA

WISATA ROHANI KRISTEN INDONESIA

WISATA ROHANI atau  WISATA RELIGI atau sering disebut sebagai  ZIARAH  merupakan berkunjung ke tempat suci atau tempat bersejarah seperti kota Mekah, Madinah atau tempat lainnya seperti tempat para ulama yang telah tiada.

Sedangkan wisata religi ziarah kubur, masyarakat atau orang melakukannya karena tradisi sehingga tidak mengetahui atau tidak menyadari tujuan dan hikmahnya, bahkan tidak sedikit orang yang melakukannya karena alasan duniawi. Namun tidak sedikit orang juga yang berziarah berdasarkan pemahamannya mengenai ajaran agama.

Sesungguhnya ziarah kubur adalah sesuatu yang sangat penting dan merupakan bagian dari ajaran agama. Karenanya, menjadi kepentingan kita untuk mengetahui masalah ini dengan sebenarnya, termasuk tata cara melaksanakannya. Jangan sampai Anda salah untuk melakukannya, karena menyebabkan Anda berdosa.

Banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan wisata religi. Salah satu daerah yang sangat terkenal dengan wisata religinya adalah Banten, Yogyakarta, indramayu, dan masih banyak sekali tempat wisata religi yang bisa dikunjungi. namun tujuan ketika Anda melakukan Wisata Religi haruslah bukan alasan karena duniawi.

Ada juga tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi tidak di Indonesia. Anda bisa mengunjungi kota-kota yang berada di Arab Saudi. Seperti Kota Mekah dan Kota Madinah. Disana Anda bisa melihat makam nabi Muhammad SAW yang ada di Mekah.

Mungkin cuma itu yang bisa diberikan pada kesempatan kali ini tentang Wisata Religi. Semoga Anda yang tidak tahu apa itu yang dimaksud dengan wisata religi bisa terbantu setelah membaca artikel yang ada diatas. Ingat jangan sampai melakukan ziarah atau wisata religi dengan niatan atau alasan duniawi karena itu dilarang oleh agama Islam.

Wisata Rohani Indonesia juga bisa dijadikan sebagai cara untuk lebih mengenal Tuhan dan mendekatkan diri padanya, seperti melakukan wisata religi ke tempat-tempat bernuansa rohani yang bisa dijadikan sebagai tempat ibadah, perenungan, dan pendekatan diri kepada Tuhan. Bagi anda umat Kristen, anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melakukan wisata religi, karena di Indonesia sendiri, terdapat banyak objek wisata religi, mulai dari bangunan bersejarah, bukit doa, hingga taman wisata iman yang sengaja dibangun.

Gereja Blenduk di Semarang

Gereja ini merupakan peninggalan Belanda yang berdiri pada awal 1753 dan mampu menampung 400 jemaat. Uniknya, Gereja Blenduk memiliki organ piano karya Hummer dan P. Farwangler, bangku-bangku kayu jati yang posisinya semakin meninggi ke belakang, dan ubin lantai warna-warni. Gereja ini tidak hanya terbuka bagi umat Kristen saja, mereka yang non Kristen juga bisa datang ke Gereja Blenduk untuk menikmati kemegahan bangunan kolonial ini.

Gua Maria Sendang Sriningsih Prambanan

Riwayat komplek peziarahan ini dimulai pada 1934. Saat itu D. Hardjosuwondo SJ, seorang Jesuit ditugaskan untuk membuka stasi baru di Desa Jali dan bermaksud mencari tempat peziarahan yang cocok. Merasa terpesona dengan aura spiritual dari Sendang (Mata Air) Duren di Desa Jali, ia pun membangun lokasi peziarahan di sekitar sendang dan menamainya dengan Sendang Sriningsih yang berarti perantara rahmat Tuhan.

Salib Kasih Tarutung

Berkunjung ke Sumatera utara memang sangat tidak membosankan,keindahan alam disana masih sangat lestari jika dibandingkan dengan provinsi lain di indonesia,dengan suhu yang dingin,tak heran membuat wilayah Sumatera Utara menjadi salah satu tempat destinasi yang banyak dikunjungi wisata mancanegara,banyak orang bule(sebutan wisatawan luar negeri) bahkan sampai tinggal diSumatera Utara,mereka kebanyakan mengagumi wisata Danau toba dan salib Kasih.

Graha Maria Annai Velangkanni di Medan

Graha ini merupakan bangunan gereja Katolik yang menggunakan arsitektur Indo-Mogul dan berbentuk candi dua tingkat, yang menjadi pusat ziarah umat Kristen di Medan. Lantai dasar graha dijadikan aula, lantai pertama merupakan ruang ibadah dan balkon dengan 14 jendela yang menceritakan Jalan Salib, sementara lantai dua memiliki 20 jendela, 7 tingkat menara, dan 3 kubah yang melambangkan takhta Allah Tri Tunggal.

Gua Maria Lourdes di Kediri

Di gua ini terdapat patung Bunda Maria berukuran besar, 12 pancuran air yang menjadi pelambang 12 rasul Yesus yang juga dipercaya dapat memberikan kesehatan dan keberuntungan. Gua Maria Lourdes ini merupakan tempat peribadatan umat Katolik di Puh Sarang. Bagi anda yang belum sempat menjejakkan kaki di Gua Maria Lourdes Prancis, anda bisa mengunjungi Gua Maria Lourdes Kediri yang merupakan replika dari Gua Maria Lourdes Prancis.

Bukit Doa Pinaling di Manado

Bukit doa ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Tumpaan, lebih tepatnya berada di Kecamatan Amurang. Setiap hari Paskah, Bukit Doa Pinaling selalu ramai dipadati oleh warga Manado dan Minahasi yang ingin merasakan suasana teduh dan khusyuk demi mendalami arti Paskah.

Taman Wisata Iman di Dairi

Taman wisata ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Berlokasi di Bukit Sitinjo, taman wisata ini menyediakan rumah ibadat dan ornament yang bersangkutan dari semua agama yang diakui di Indonesia. Bagi anda umat Kristen, di taman wisata ini, anda bisa menikmati perjalanan Yesus, mulai dari kandang domba tempat kelahiran Yesus, hingga perjalanan penyalibanNya.

Prasasti Salib Besar Pulau Mansinam di Papua Barat

Di bibir pantai Pulau Mansinam, dua misionaris asal Jerman yaitu Jerman Carl William dan Goltlob Gisller melakukan pendaratan pertama. Di pulau ini, dibangun Prasasti Salib Besar dengan tinggi sekitar 6 meter, yang dibelakangnya terdapat empat patung perunggu dan relief gambar yang menceritakan penyambutan warga setempat kepada dua misionaris tersebut. Prasasti Salib Besar yang memiliki tulisan tangan kedua misionaris bertuliskan “Soli Deo Gloria” menjadi bukti kedatangan misionaris Carl William dan Goltlob Gisller. Selain itu, ada juga Gereja Tua Lahai Roi yang dijadikan rumah ibadah oleh warga setempat. Sementara di atas bukitnya, terdapat patung Yesus setinggi 35 meter yang menjadi bukti masuknya Injil ke Tanah Papua pertama kali.

Larantuka di Flores

Perayaan Paskah di Larantuka setiap tahunnya selalu ramai dipadati pengunjung yang ingin mengikuti prosesi Katolik Semana Santa yang menjadi acara puncak Jumat Agung. Dalam upacara ini, patung Yesus dan patung perawan Bunda Maria diperlihatkan kepada public, karena di luar perayaan Paskah, kedua patung ini tidak diperlihatkan. Setelah upacara, perayaan dilanjutkan dengan penyalaan lilin dan keliling Larantuka. Sementara itu, di Pulau Waibalun yang berjarak 150 meter dari bibir pantai Larantuka, terdapat Taman Berdoa Yesus Gembala Yang Baik, dimana terdapat patung Yesus setinggi 13 meter. Taman yang seperti hutan kecil berpanorama indah ini sering dikunjungi saat upacara Semana Santa.

 

ROHANI